5 Rahasia Agar Bisnis Sukses dan Berkah

zona sukses

5 Rahasia Agar Bisnis Sukses dan Berkah

Tentu saja, agar bisnis sukses kita harus bertindak. Ini betul sekali dan memang harus bertindak. Tapi disini saya tidak akan membahas tentang “yang penting ACTION”, tetapi saya akan membahas bagaimana agar tindakan kita lebih dahsyat, lebih hebat, lebih efektif, dan lebih cepat membawa kita kepada keberhasilan usaha atau bisnis kita.

Katakanlah: Adakah sama orang-orang yang mengetahui (berilmu) dengan orang-orang yang tidak mengetahui (jahil)?! Sesungguhnya orang yang berakallah yang dapat menerima pelajaran.” [Az-Zumar: 9]

Jelas bukan? Tindakan orang berilmu akan berbeda dengan orang yang berilmu. Bukan mana yang penting antara ilmu dan tindakan. Bukan tindakan tidak berguna tanpa ilmu. Bukan itu yang saya bahas, tetapi bertindaklah dengan ilmu, agar tindakan bisnis Anda sukses.

Miliki 5 Ilmu Ini Agar Bisnis Sukses dan Berkah

Saya mengelompokan 5 ilmu yang baiknya dikuasi jika Anda bukan hanya ingin usaha sukses, tetapi usaha yang berkah. Sekali lagi, ilmu dan tindakan saling melengkapi. Bukan mana yang lebih penting, tetapi Anda harus bertindak dengan ilmu agar tindakan Anda benar.

Apa jadinya, orang shalat tetapi tidak mengetahui cara shalat? Jika dia tidak mengetahui rukun dan syarat shah shalat, bisa jadi shalatnya percuma.

Rahasia #1: Memahami Ilmu Teknis Bisnis Anda

Ini sebenarnya penting, kita memang harus mengetahui hal-hal teknis dalam menjalankan bisnis kita. Tapi yang salah adalah Anda hanya fokus pada hal teknis tetapi melupakan ilmu lainnya yang justru lebih penting.

Memang, Anda sebagai seorang pebisnis tidak harus mengurusi hal-hal teknis. Tetapi tetap harus difahami, karena keputusan-keputusan Anda, membangun sistem, memberikan delegasi, dan sebagainya dalam bisnis perlu pemahaman tentang hal-hal teknis tadi.

Saat memulai mungkin semuanya Anda lakukan sendiri, sehingga jika Anda mau berjualan bakso, setidaknya Anda mengetahui tentang cara meracik semangkuk bakso yang enak. Saat mulai, Anda yang menyajikannya sendiri, tetapi jangan keterusan, hanya saat memulai agar bisnis Anda mulai jalan.

Disarankan Untuk Anda:   Jalan Pintas Menjadi Pengusaha Sukses

Diantara banyaknya penjual bakso (sendiri) ada yang berubah menjadi pebisnis bakso yang besar. Merknya terkenal, punya tempat bagus, dan sudah punya cabang. Atau ada juga yang memnjadi juragan bakso dengan ratusan grobak yang beroperasi.

Sementara ada saja yang sudah sekian lama terus menjadi penjual bakso. Apa yang membedakannya?

Keempat ilmu berikutnyalah yang akan membedakan mereka, siapa yang akan berkembang atau siapa saja yang terus menjadi tukang bakso sendirian.

Bisnis membuat dan menjajakan bakso saja tidak cukup untuk membesarkan bisnis bakso.

Rahasia #2. Memahami Ilmu Menjalankan Bisnis

Jika Anda mau bisnis bakso, tidak cukup hanya bisa membuat bakso atau menyajikannya. Kita membutuhkan ilmu menjalankan bisnis. Ilmu menjalankan bisnis meliputi pemasaran, manajemen (sistem), leadership, dan strategi bisnis.

Jadi tidak cukup hanya bisa membuat bakso, Anda membutuhkan ilmu lainnya. Pertama tentang pemasaran, apa yang membedakan bakso Anda dengan bakso lainnya? Bagaimana cara menjangkau lebih banyak pelanggan? Bagaimana agar pelanggan Anda terus bertambah? Bagaimana cara memuaskan pelanggan? Dan sebagainya. Ini bisa Anda lakukan jika Anda memahami pemasaran.

Selanjutnya bagaimana agar rasa bakso Anda tidak berubah? Bagaimana agar produksi bisa terjaga dari segi kualitas dan kuantitas? Bagaimana agar siapa pun yang menyajikan bakso tetap enak rahasnya? Nah ini membutuhkan ilmu tentang sistem bisnis. Anda harus belajar.

Termasuk ilmu memimpin, karena bisnis itu adalah tim. Bukan bisnis jika segalanya Anda lakukan sendiri. Sudahkan Anda bisa memimpin?

Inilah yang memungkinkan bisnis Anda berkembang. Pemasaran kuat, ada sistem, ada tim, dan Anda sebagai owner bisnis bisa memimpin anak buah Anda.

Rahasia #3: Memahami Ilmu Mental Bisnis

Yang jangan dilupakan adalah masalah mental atau mindset. Jago ilmu bisnis dan teknis bisa menjadi percuma jika mental bisnis kita payah. Anda harus memiliki semangat, kreatif, dan pantang menyerah. Harus memiliki pikiran maju, tidak cepat puas, dan mampu bangkit saat sedang terpuruk.

Disarankan Untuk Anda:   Hemat Pangkal Kaya - Betulkah?

Bisa jadi, seorang penjual bakso faham tentang cara menjadi pebisnis bakso, tetapi jika mental bisnisnya yang kurang bagus seperti kurangnya kemauan, takut mengambil resiko, dan sebagainya, dia tidak akan menjadi pebisnis bakso yang sukses.

Beberapa mental bisnis yang perlu Anda miliki:

Pertama perlu difahami bahwa membangun bisnis akan banyak rintangan, diperlukan kekuatan mental yang kuat untuk mengatasi semua rintangan yang muncul dihadapan Anda.

Rahasia #4: Menguasai Ilmu Syariah

Rahasia 1 sampai 3 bisa membuat bisnis Anda sukses dan besar. Lalu, bagaimana supaya berkah. Ya, langkah pertamanya adalah memastikan bisnis kita tidak melanggar syariah. Jadi jangan asal bisnis, apakah bisnis Anda sudah halal?

Bisnis adalah bagian dari muamalah, artinya bagian dari ibadah. Ibadah muamalah ada rambu-rambu yang harus difahami dan ditaati. Untuk itu kita perlu belajar tentang fiqh niaga, termasuk ekonomi syariah agar bisnis kita halal dan terbebas dari riba.

Bukan hanya bank yang ada bank syariah. Bisnis bakso pun ada. Bakso syariah adalah bakso dimana bahan, tempat, dan pelayanan yang sesuai dengan syariah.

Belajarkan fiqh dan ilmu agama lainnya yang berkaitan dengan bisnis, agar bisnis Anda berkah.

Rahasia #5. Memahami Ilmu Ruhiah

Ini yg paling penting, agar kita bisa mendapatkan pertolongan Allah. Tanpa pertolongan Allah, semuanya akan percuma. Sebenarnya, kekuatan itu datang dari Allah, kita hanya berusaha, Allah yang menentukan.

Sudah banyak ustadz yang membahas berbagai aspek ruhiah seperti shadaqah, shalat dhuha, shalat tahajud, tawakal, bersyukur, dan sebagainya untuk memperlancar kita mendapatkan rezeki.

Penutup: Yang Penting Praktek

Betul, kita meski praktek dalam rangka ikhtiar karena ikhtiar adalah perintah Allah. Kita sedang bicara ikhtiar maksimal, yaitu tindakan yang dibeli ilmu teknis, bisnis, dan didukung oleh mental kuat. Kita juga tidak asal praktek atau bertindak, tetapi memastikan tindakan kita tidak melanggar ajaran agama. Dan juga selain ikthiar maksimal, maka iman kita harus maksimal. Artinya semaksimal mungkin kita berusaha (dengan do’a, syukur, shadaqah, shlat dhuha, dan sebagainya) agar kita mendapatkan pertolongan Allah.

Disarankan Untuk Anda:   Kiat Menjadi Pengusaha Sukses dengan Modal Kecil

Tujuan utama menulis artikel ini agar kita tidak hanya fokus memikirkan satu atau dua aspek dalam bisnis. Mudah-mudahan Allah menolong kita agar bisnis sukses dan berkah.

Follow Me

Rahmat Mr. Power

Author at Zona Sukses
Penulis atau Author berbagai produk Pengembangan Diri: Berpikir Positif, Percaya Diri, Kreativitas, Produktivitas, Motivasi, dan Bisnis selengkapnya http://www.zonasukses.com/gold.php
Follow Me
Dapatkan Update Artikel dan Kata-kata Motivasi Via Telegram Klik Disini. Pastikan aplikasi telegram sudah terinstall di HP/Komputer Anda

Mungkin Anda Suka Artikel Lainnya:

Kerja di Rumah

↑ Grab this Headline Animator

6 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield