4 Langkah Cara Memotivasi Diri Sendiri Dan Orang Lain





Cara Memotivasi Diri Sendiri Dan Orang Lain

Langkah 1: Menemukan Tujuan Yang Memberdayakan

cara memotivasi diriCara pertama dan terpenting adalah mengeset tujuan yang jelas dan memberdayakan. Kita harus membuat sebuah tujuan terukur dan kita benar-benar menginginkannya. Kita harus membuat tujuan yang akan membangkitkan motivasi kita.

Tujuan adalah motivasi, memiliki tujuan akan memiliki motivasi. Jika ada tujuan yang belum memotivasi, ada yang salah dengan tujuan tersebut. Anda harus benar-benar membuat inspiring goal, tujuan yang benar-benar tajam, menggairahkan, dan menggerakan Anda untuk mencapai.

Pertama temukan apa yang paling Anda inginkan dalam hidup. Bener-bener Anda inginkan, benar-benar anda impikan. Tujuan, yang benar-benar akan membuat Anda bahagia, bahkan saat Anda hanya membayangkannya saja.

Kedua buat tujuan yang melampaui kemampuan Anda. Jika tujuan Anda biasa-biasa saja, maka motivasi yang muncul pun akan biasa-biasa saja. Tujuan yang melampaui tujuan Anda akan membuat Anda lebih semangat, lebih giat dalam meraihnya.

Gantungkan cita-cita dilangit, jika gagal, maka Anda masih jatuh di bintang-bintang. Jika Anda memiliki tujuan memiliki penghasilan Rp 100.000.000 per bulan, ternyata Anda bisa meraih “hanya” setengahnya, Anda mendapatkan Rp 50.000.000.

Kadang, suka ada orang yang berkata, “saya cuma ingin …”. Sayangnya itu kurang memberdayakan. Miliki tujuan yang kuat, yang benar-benar membangkitkan motivasi dari dalam diri. Jangan hanya sekedar, tetapi harus yang luar biasa.

Pada dasarnya, motivasi itu ada 2. Yang pertama untuk meraih kesenangan. Yang kedua untuk menghindari rasa sakit atau kesulitan. Sementara, banyak orang yang hanya fokus pada kekecewaan, rasa sakit, kesulitan, atau hal-hal yang tidak diinginkannya.

Ini juga bisa dijadikan sebagai tujuan. Misalnya ada orang yang sudah bosan dengan kemiskinan. Artinya dia tidak mau miskin, maka jadikan ini sebagai tujuan. Tujuannya melepaskan diri dari kemiskinan. Kemudian ubah dengan kalimat positif, tujuannya ingin menjadi kaya.

Disarankan Untuk Anda:   Resolusi Tahun Baru

Kemudian untuk dengan tujuan positif tersebut menjadi tujuan yang lebih spesifik, seberapa kaya? Berapa penghasilan yang diinginkan? Kapan? Ya, harus SMART, silahkan baca disini artikel selengkapnya.

Langkah 2: Menyadari Kekuatan Diri

Salah satu penghambat, mengapa banyak orang yang motivasinya lemah karena menganggap diri tidak mampu. Jika orang sudah mengatakan “tidak bisa”, maka dia akan kehilangan motivasi, sudah tidak mau lagi mencoba.

Motivasi akan tumbuh, jika dia sudah memiliki keyakinan bahwa dia mampu. Dia yakin bahwa Allah sudah memberikan potensi yang luar biasa. Potensi yang mencukupi untuk meraih apa yang dia inginkan, potensi yang cukup untuk menanggung beban yang ada.

Bukankah Allah tidak akan memberikan beban diluar kesanggupan kita? Anda pasti sanggup. Anda pasti sanggup. In syaa Allah.

Jika Anda merasa tidak mampu, artinya Anda hanya belum mengoptimalkan potensi diri yang sebenarnya sudah Anda miliki. Jadi jangan berhenti, jangan kehilangan motivasi, yang Anda butuhkan adalah belajar mengoptimalkan potensi Anda.

Setelah menyadarkan akan tujuan, langkah selanjutnya adalah menyadarkan bahwa Anda atau orang lain memiliki potensi yang cukup. Anda hanya perlu menggali dan mengoptimalkan potensi diri. Caranya adalah dengan belajar, mencoba, dan melatih diri.

Saya sudah membuat program, bagaimana agar Anda lebih percaya diri, yakin akan potensi diri yang dijelaskan dengan detil di video The Confidence Secret.

Langkah 3: Yakini Selalu Ada Jalan

Tujuan sebagai energi pendorong sudah ada. Keyakinan akan potensi diri sudah ada, maka selanjutnya yakini bahwa Anda bisa melakukan apa yang harus dilakukan untuk meraih tujuan Anda dan dengan memanfaatkan potensi diri Anda.

Bisa jadi, Anda saat ini belum mengetahui apa yang harus dilakukan. Tapi bukan berarti tidak ada caranya. Bukan berarti tidak ada jalan. Anda hanya perlu berusaha untuk mengetahuinya.

Disarankan Untuk Anda:   Rahasia Motivasi Diri Sendiri

Yakinlah selalu ada jalan, yakinkan orang lain selalu ada jalan. Bagaimana agar Anda selalu menemukan jalan itu? Silahkan baca artikel ini.

Mungkin Anda sudah mengetahui jalan besar yang harus ditempuh, tetapi ternyata sepertinya sulit untuk dilakukan. Jangan kehilangan motivasi, sebab ada teknik atau cara berpikir menjadikan sesuatu yang sulit menjadi sesuatu yang bisa dilakukan. Selengkapnya saya bahas di Instant Motivation Weapon, sekaligus membahas berbagai teknik lainnya untuk membangkitkan motivasi.

Langkah 4: Kunci Agar Bisa Memotivasi Orang Lain

OK, sekarang sudah mengetahui 3 langkah jitu untuk memotivasi diri. Sebenarnya, 3 langkah tersebut bisa digunakan untuk memotivasi orang lain. Namun, sebelum Anda memotivasi orang lain, ada satu hal penting yang harus Anda miliki dulu, yaitu mampu memotivasi diri terlebih dahulu.

Bagaimana Anda bisa memotivasi orang lain, sementara diri Anda sendiri loyo, tidak semangat, dan malas-malasan. Kesesuaian perkataan Anda dan tindakan Anda akan sangat mempengaruhi oleh orang lain. Bahkan, kondisi Anda sebenarnya lebih kuat mempengaruhi ketimbang kata-kata.

Jadi, miliki tujuan yang kuat, yakinlah bahwa Anda sanggup, dan yakinlah bahwa selalu ada jalan meraih tujuan Anda. Mulailah dari diri sendiri sebelum memotivasi orang lain.

Follow Me

Rahmat Mr. Power

Author at Zona Sukses
Penulis atau Author berbagai produk Pengembangan Diri: Berpikir Positif, Percaya Diri, Kreativitas, Produktivitas, Motivasi, dan Bisnis selengkapnya http://www.zonasukses.com/gold.php
Follow Me
Dapatkan Update Artikel dan Kata-kata Motivasi Via Telegram Klik Disini. Pastikan aplikasi telegram sudah terinstall di HP/Komputer Anda
zona sukses

Mungkin Anda Suka Artikel Lainnya:

Kerja di Rumah

↑ Grab this Headline Animator

5 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield