3 Perusak Motivasi Bagi Pengusaha Pemula Yang Banyak Tidak Disadari





Mengapa Anda Ingin Menjadi Pengusaha?

motivasi bagi pengusaha pemula

Ada banyak alasan atau motivasi bagi pengusaha pemula, mengapa mereka mau terjun ke dunia bisnis bahkan tidak sedikit yang berani meninggalkan kenyamanan mereka di dunia kerja. Alasan-alasan itu diantaranya adalah peluang pendapatkan penghasilan yang tak terbatas, kebebasan waktu, menyukai tantangan, dan ingin menjadi bos untuk diri sendiri.

Itu adalah motivasi umum. Mungkin, setiap orang akan memiliki motivasi khusus, yang menjadikan dia begitu semangat untuk memulai bisnis. Apa itu? Anda harus menemukannya. Motivasi itu yang membuat Anda begitu tergetar dan menjadikan Anda begitu semangat dalam menjalankan bisnis Anda nanti.

Anda harus mencari motivasi ini, sebab inilah yang disebut DNA Sukses Anda.

Lalu, mengapa masih banyak yang gagal dan bahkan menyerah ditahun pertama? Mungkin, motivasinya melemah akibat salah pemahaman sendiri. Ada 3 pemahaman yang bisa merusak atau melemahkan motivasi Anda menjadi seorang pengusaha.

Pengusaha Pemula Banyak Yang Memiliki Motivasi Yang Salah.

Jika motivasi Anda lemah, bisa jadi Anda akan segera gugur dalam perjalanan bisnis Anda. Hanya sedikit, pengusaha pemula yang bisa bertahan 1 tahun, apalagi 5 tahun, apalagi 10 tahun. Tanpa motivasi yang membara, bisnis Anda bisa segera redup.

Bukan saya ingin menakuti-nakuti. Saya hanya ingin menunjukan motivasi yang salah, yang justru banyak dialami banyak orang. Banyak pengusaha pemula yang memiliki motivasi yang salah, yaitu bisnis adalah cara cepat dan mudah untuk menjadi kaya.

Jika Anda beranggapan, bisnis adalah cara mudah dan cepat menjadi kaya dan ini menjadi motivasi Anda, maka Anda salah besar. Jangan pernah Anda menjadikan ini sebagai motivasi. Selain kenyataan bahwa bisnis itu tidak mudah, tapi motivasi seperti ini tidak memiliki “ruh” terhadap bisnis Anda.

Disarankan Untuk Anda:   Seni Mengatasi Masalah: Lingkaran Setan

Saat Anda nanti ternyata menghadapi kenyataan, bahwa bisnis ternyata banyak tantangannya, maka semangat Anda segera runtuh.

Miliki motivasi yang memiliki jiwa. Miliki misi yang mulia yang bermakna bagi diri, keluarga, bangsa dan tentu saja agama sebagai salah satu cara dakwah kita.

Bisnis Itu Tidak Mudah Kawan Tapi Tidak Juga Sulit

Maksudnya apa? Tidak mudah, tapi tidak sulit. Yang bener mana?

Maksud saya, kita harus menyikapi bisnis dengan sikap yang benar. Dua sikap ekstrim yang salam bisa menjerumuskan Anda. Ada yang menyikapi, bisnis itu mudah. Tinggal action saja. Pada kenyataanya, berapa persen yang berhasil? Sebaliknya, ada yang mengatakan bisnis itu sulit, sehingga dia tidak pernah mulai.

Bisnis itu seperti naik kendaraan.

Nah lho, apa maksudnya.

Bagi Anda yang belum bisa membawa mobil, maka mengendarai mobil adalah hal yang sudah, menakutkan, dan membingungkan. Membedakan rem dan gas masih tertukar. Mau pindah gigi juga masih bingung. Takut tertarbrak dan tersenggol.

Tapi akan berbeda jika Anda sudah bisa. Baik melalui kursus maupun latihan sendiri. Apalagi, semakin berpengalaman, mengendarai mobil sampai merem juga bisa (lebay), maksudnya kita tidak berpikir lagi mana gas mana rem dan juga saat ganti gigi bisa dilakukan secara otomatis oleh tangan kita.

Artinya apa? Bisnis itu BISA Anda jalankan jika Anda sudah memiliki ilmu, skill, dan pengalaman. Semakin berpengalaman, akan semakin mudah menjalankannya.

SEMUA orang bisa, jika dia mau belajar. Baik belajar langsung sambil praktek, mapun belajar dulu kemudian praktek. Keduanya tidak masalah, yang salah adalah belajar melulu tanpa praktek atau praktek saja tanpa belajar dari kesalahan.

Jadi, satu hal penting yang harus diingat, bahwa ada yang harus dipelajari dan dilatih dalam menjalankan bisnis. Dan bisa saja, ini memakan waktu baik bisnis online maupun offline. Nanti Anda harus menemukan itu ini yang harus dipelajari. Jika motivasi Anda lemah, bisa jadi Anda layu sebelum berkembang.

Disarankan Untuk Anda:   Cara Memulai Usaha Bagi Siapa Pun dan Modal Berapa Pun

Tidak Ada Siaran Langsung !!!

Salah satu pemahaman yang bisa menghancurkan motivasi adalah selalu berharap semuanya langsung menghasilkan. Misalnya bagi pebisnis online, membuat website langsung laris jualannya. Membuka restoran, langsung rame pengunjung. Membuka toko langsung diserbu oleh pelanggan.

Begitu juga, setelah Anda belajar, bisa jadi Anda tidak langsung bisa. Saya alami sendiri, dulu saat saya akan mulai bisnis online, saya membeli buku cara membuat website. Setelah membaca buku apakah langsung bisa? Tidak saudara.

Memang, buku, ebook, video, workshop, pelatihan atau apa pun akan MEMUDAHKAN Anda, tapi tidak dijamin langsung bisa, langsung mahir.

Memang, ada banyak kasus yang menunjukan seseorang berbisnis langsung sukses. Mungkin, meski saya tidak tahu dibalik itu semua. Artinya mungkin saja bisa, tetapi jangan berharap akan selalu langsung.

Sisakan ruang dalam diri Anda untuk gagal atau ketidak sempuranaan atau kesalahan dalam bertindak. Jika Anda membuka restoran, tetapi pengunjung sepi, artinya perlu ada perbaikan. Mungkin setelah Anda menyebar brosur, tapi tetap saja sepi. Artinya perlu perbaikan lagi. Mungkin jumlah dan kualitas brosur Anda perlu ditingkatkan.

Bahkan, tidak menutup kemungkinan Anda gagal semuanya. Salah memilih produk, salah pemasaran, salah tempat, dan sebagainya sehingga Anda harus mulai dari nol lagi.

Saya katakan, bahwa hal seperti ini BIASA dalam bisnis. Jadi, jika gagal atau belum optimal, jangan sampai putus asa dan menghancurkan motivasi Anda. Tetaplah semangat, memang seperti inilah perjalanan bisnis.

Kesimpulan

Jadi 3 perusak motivasi bagi pengusaha adalah, yang pertama adalah memiliki motivasi yang salah, misalnya hanya ingin cepat kaya. Yang kedua sikap yang salah, yaitu terlalu menganggap terlalu mudah atau terlalu sulit. Dan yang ketiga beranggapan bisnis itu akan langsung berhasil dalam percobaan pertama.

Disarankan Untuk Anda:   Jalan Pintas Menjadi Pengusaha Sukses
Follow Me

Rahmat Mr. Power

Author at Zona Sukses
Penulis atau Author berbagai produk Pengembangan Diri: Berpikir Positif, Percaya Diri, Kreativitas, Produktivitas, Motivasi, dan Bisnis selengkapnya http://www.zonasukses.com/gold.php
Follow Me
Dapatkan Update Artikel dan Kata-kata Motivasi Via Telegram Klik Disini. Pastikan aplikasi telegram sudah terinstall di HP/Komputer Anda
zona sukses

Mungkin Anda Suka Artikel Lainnya:

Kerja di Rumah

↑ Grab this Headline Animator

One Comment

  1. Benar sekali pak, tiga hal yang diatas harus kita hindari, apalagi sebagai pengusaha pemula kita harus sadar bahwa semua mesti dipelajari dan sabar untuk menerima hasilnya. Terimakasih pak rahmat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield