3 Kepercayaan Yang Menghancurkan Kepercayaan Diri

Dapatkan 2 eBook senilai Rp 99.000 yang membedakan orang sukses dan gagal.

Masukan email Anda, klik Daftar untuk mendapatkan update artikel dan ebook Gratis Rahasia Sukses dari Zona Sukses.

Email:

Kepercayaan Diri Adalah Masalah Pola Pikir

menghancurkan kepercayaan diriJika Anda sedang berjuang bagaimana memiliki kepercayaan diri, Anda tidak sendiri. Banyak orang yang berpikir bahwa kepercayaan diri adalah hanya dimiliki oleh orang yang beruntung, orang yang bisa melakukan apa pun.

Kepercayaan diri sebenarnya adalah masalah sikap atau pola pikir yang dimiliki seseorang. Yaitu pola pikir yang menjadikan dia memiliki pandangan positif terhadap dirinya. Kalau begitu kepercayaan diri itu adalah masalah pandangan atau persepsi?

Ya, betul sekali. Namun bukan pandangan fatamorgana dimana yang tidak ada menjadi ada. Pandangan fatamorgana adalah dimana kita menganggap diri kita lebih dari semestinya. Justru kepercayaan diri itu adalah pandangan positif atau apa adanya pada diri Anda. Orang yang rendah diri (kebalikan percaya diri) adalah orang yang menganggap dirinya lebih rendah dibandingkan kenyataanya. Nah, untuk meraih kepercayaan diri kita hanya perlu membalikan pandangan tersebut ke tempat semula.

Orang rendah diri pandangan terhadap dirinya banyak tertutup, sehingga tidak mampu melihat kemampuan dan potensi sesungguhnya. Apa yang menutup pandangan itu? Inilah yang akan kita bahas pada artikel ini. Pandangan atau persepsi kita bisa tertutup oleh kepercayaan kita sehingga memunculkan persepsi salah terhadap diri dan ini menyebabkan kita rendah diri.

Anda Tidak Perlu Hebat Di Segala Bidang

Kepercayaan Pertama yang menghancurkan kepercayaan diri Anda adalah saat Anda mempercayai bahwa kepercayaan diri akan Anda miliki jika Anda hebat di segala bidang aspek kehidupan. Jika Anda percaya ini, maka Anda tidak akan pernah menjadi pribadi yang percaya diri. Sebab, tidak akan ada orang yang hebat di segala bidang.

Realitasnya adalah orang yang kita lihat hebat, sebenarnya dia tidak hebat di segala bidang. Pastinya dia memiliki kelemahan di bidang lain. Tidak ada manusia sempurna. Setiap orang akan memiliki kelebihan masing-masing yang berbeda satu dengan yang lain. Jadi, saat Anda menemukan kelemahan dalam diri, jangan jadikan alasan untuk rendah diri. Orang lain pun memiliki kelemahan dan Anda pun memiliki kelebihan.

Jika Anda merasa bahwa yang Anda miliki hanya kelamahan, artinya Anda masih belum menggali dan mengoptimalkan potensi Anda. Caranya ialah Anda harus lebih banyak mencoba dan belajar. Mencoba untuk menjajal kemampuan Anda, namun perlu diiringi dengan belajar dan berlatih. Bisa jadi, potensi Anda masih tetap terpendam sebelum belajar dan berlatih. Bagaimana pun hebatnya seseorang, dia perlu belajar dan berlatih.

Tidak Ada Lahir Seorang Pemain Sepak Bola Hebat

Pernahkah Anda mendengar berita “sudah lahir seorang pemain sepak bola hebat”? Tidak, yang lahir itu hanyalah bayi yang baru bisa menangis. Dia tidak bisa main sepak bola, bahkan hanya untuk memegang bola pun belum bisa. Seseorang menjadi sepak bola handal setelah dia berlatih dan berlatih.

Kepercayaan kedua yang merusak adalah banyak orang yang rendah diri saat dia tidak bisa melakukan sesuatu. Sementara dia belum pernah belajar dan berlatih keras . Dia percaya kalau namanya bakat harus langsung bisa. Jika tidak bisa, maka dia merasa rendah diri.

Kenyataanya, siapa pun yang memiliki kemampuan, itu adalah hasil dari belajar dan berlatih termasuk didalamnya pengalaman hidup. Jadi tidak usah minder jika Anda tidak bisa melakukan sesuatu. Itu wajar. Anda akan bisa jika Anda mau berlatih dengan cara yang benar dan tekun.

Kalau pun Anda sudah belajar dan berlatih tetapi tetap saja tidak bisa, itu bisa jadi ada yang salah dengan cara belajarnya. Kalau pun tetap tidak bisa, yakinlah Anda akan bisa dan mahir untuk bidang yang lain. Sama sekali bukan alasan untuk rendah diri.

Masa Lalu Bukan Gambaran Diri Anda Sebenarnya

Satu lagi kepercayaan yang menghancurkan kepercayaan diri adalah menganggap pencapaian masa lalu sebagai gambaran kualitas atau kemampuan diri Anda. Anda menganggap begitulah diri Anda. Anda menganggap hanya sampai seperti itu kemampuan Anda. Anda berkata bahwa Anda sudah membuktikan.

Padahal jika kita cermati pencapaian masa lalu adalah

  • Hasil dari pemikiran dan pola pikir Anda masa lalu
  • Hasil dari kemampuan Anda di masa lalu
  • Hasil dari keterampilan Anda di masa lalu
  • Hasil dari kondisi Anda dimasa lalu

Sementara, saat ini Anda sudah banyak berubah DAN masih bisa berubah menjadi lebih baik lagi jika Anda mau meningkatkan pola pikir Anda, berlatih untuk meningkatkan keterampilan Anda, belajar untuk meningkatkan kemampuan Anda, dan mengubah kondisi Anda.

Jelas bahwa masa lalu bukan gambaran Anda sesungguhnya, sebab pencapaian di masa mendatang bisa berubah jika Anda mau berubah. Bisa jadi, dimasa lalu Anda belum benar-benar mengoptimalkan potensi Anda. Dan yakinlah, pencapaian dimasa lalu baru menggunakan sebagian kecil potensi Anda.

Kesimpulan

Anda tidak perlu hebat disegala bidang, sebab tidak ada orang yang hebat di segala bidang. Jika banyak hal yang tidak Anda kuasai, biasa-biasa saja, jangan lebay menyikapinya sehingga membuat Anda rendah diri. Jika Anda tidak bisa melakukan sesuatu, tidak perlu rendah diri sebab orang lain juga seperti itu.

Tidak ada yang dilahirkan bisa menulis, manusia bisa menulis setelah belajar. Dan jangan terbelenggu masa lalu, hasil masa lalu Anda adalah buah dari kemampuan sebelumnya, dan hasil dimasa depan adalah hasil kemampuan Anda sekarang dan masih bisa ditingkatkan lagi.

Miliki kepercayaan diri bahwa Anda bisa. Insya Allah.

Selengkapnya panduan untuk meningkatkan kepercayaan diri Anda bisa Anda pelajari di video The Confidence Secret.

Masuki Zona Sukses

Solusi bagi Anda yang ingin berubah, namun masih terasa sulit.

Anda tidak akan pernah sukses, jika masih berada di Zona Nyaman. Dapatkan ebook Memasuki Zona Sukses dan Tinggalkan Zona Nyaman, Plus update artikel Motivasi Islami. Masukan email Anda, Klik Daftar.

Email:

There are 4 Comments.

  1. bagus motivasinya

  2. ivan vebrian
    1:04 pm September 21, 2012

    aslkm….
    izin share y pak…
    mksih sblm y…

  3. ade sukmana
    10:23 pm September 30, 2012

    Syukron u/ motivasinya yg luar biasa!!!

  4. artikelnya menarik sekali mas,
    sampai menyentuh hati,

    tahnk mas…

    sekalian numpang promosi Aplikasi saya Try Out Plus.

Leave a Reply

*

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield