Sukses, Visi Misi Tujuan

3 Cara Sederhana Agar Bisa Mengayunkan Langkah Pertama

August 26, 2014

langkah pertama

Anda mungkin memiliki mimpi besar. Tujuan sudah ditetapkan, tetapi mengapa begitu sulit untuk melangkah? Ya, langkah pertama memang langkah paling sulit. Itulah mengapa, jika Anda memulai menjalankan kendaraan harus diawali dengan gigi 1, sebab gigi 1 adalah gigi yang memiliki tenaga terbesar.

Mengayunkan langkah pertama untuk menggapai tujuan Anda itu tidak mudah. Untuk itu diperlukan sebuah strategi bertindak agar Anda bisa mengayunkan langkah pertama Anda.

Anda Bingung Saat Tujuan Anda Terlalu Jauh

Penyebab mengapa Anda masih bingung untuk mengambil langkah pertama karena impian Anda terasa masih terlalu jauh. Bahkan tidak kelihatan saking jauhnya. Anda jadi bingung, harus melangkah kemana, sebab tujuan Anda tidak terlihat.

Ibarat Anda yang selama ini penghasilan dibawah Rp 10.000.000/bulan, tiba-tiba memiliki tujuan berpenghasilan Rp 1M per bulan. Maka wajar, jika Anda bingung mau melakukan apa dulu agar bisa berpenghasilan sebesar itu.

Langkah Pertama Anda Mulailah Dari …

Berbeda jika Anda menetapkan target Rp 20 juta dulu. Mungkin akan terlihat jalan yang akan ditempuh, sebab tujuan terlihat jelas.

Memang, tujuan Rp 20 juta per bulan masih sangat jauh dari Rp 1M per bulan, tetapi sudah mendekati. Lebih baik satu langkah lebih dekat, daripada tidak mendekat sama sekali.

Mungkin, setelah penghasilan Anda Rp 20 juta per bulan, tujuan Rp 1 M sudah mulai terlihat. Jika tidak, mendekatklah.

Konsep ini seperti Anda mengendarai mobil di tengah malam. Lampu mobil Anda tidak bisa menerangi seluruh jalan apalagi sampai tujuan, hanya beberapa meter di depan. Tapi, setelah mobil melaju, jalan selanjutnya bisa terlihat dan seterus.

Mulailah secara bertahap, mendekatlah meski hanya 1 langkah. Sebab perjalanan 1000 mil, selalu diawali oleh satu langkah. Dan, satu langkah ini adalah langkah yang Anda bisa. Tidak perlu memikirkan dulu langkah selanjutnya. Mulailah dengan yang ada, mulailah dengan yang bisa. Nanti, langkah kedua akan tersinari, akan nampak di depan Anda.

Yang SATU Yang Bisa Membuka Penghalang

Kadang, kita benar-benar bingung mau melakukan apa. Bukan tidak mengetahui langkah yang akan diambil, tetapi penghalang begitu kuat. Baik penghalang yang ada dari dalam diri (internal) maupun penghalang dari luar.

Lalu apa SATU hal yang bisa membuka penghalang Anda?

Jawabannya adalah kesuksesan.

Ya, sukseslah di satu hal dulu. Entah ini akan sejalan dengan tujuan besar Anda atau tidak, tetapi sukses di satu hal akan menjadi modal besar untuk langkah pertama Anda.

Sebagai contoh nyata. Ada orang yang ingin memiliki bisnis yang besar. Tetapi dia tidak memiliki modal yang cukup. Apa yang dia lakukan? Dia menjadi seorang agen asuransi dan dia bertekad menjadi seorang agen asuransi yang sukses.

Mungkin berbeda dengan impian besarnya, tetapi keberhasilan sebagai agen asuransi memberikan bekal yang luar biasa. Ya, dia memiliki bonus yang besar, cukup untuk membangun bisnis impiannya. Dan tidak kalah penting, dia memiliki keahlian menjual dan modal kepercayaan diri yang kuat.

Jika Anda ingin menjadi seorang pebisnis online yang sukses. Sementara banyak tawaran yang menggiurkan dan Anda malah menjadi bingung untuk memulainya. Maka menjadi seorang blogger dengan penghasilan Rp 5.000.000 per bulan bisa menjadi SATU hal yang membuka kunci keberhasilan bisnis online.

Selain memiliki modal uang Anda juga sudah mulai terasah mindset bisnis online yang penting plus kepercayaan diri. Bisa menjadi modal awal pembuka jalan sukses Anda meraih penghasilan puluhan sampai ratusan juta di bisnis online.

Lakukan Yang Termudah

Mana yang lebih mudah?

  • Anda pergi sendiri tidak berbekal peta dan mengetahui tujuan Anda. Ini yang disebut “yang penting action, tapi tanpa ilmu”.
  • Anda pergi sendiri tetapi sudah mengetahui tujuan dan sudah mengetahui cara meraih tujuan Anda. Ini adalah orang yang mau belajar secara mandiri.
  • Anda pergi didampingi oleh seorang pemandu yang pernah meraih tujuan yang sama dengan Anda. Artinya Anda memiliki seorang mentor atau coach yang akan mengarahkan langkah Anda dan meluruskan jika salah.

Yang paling mudah tentu cara ketiga. Namun alasan yang sering kali muncul adalah tidak memiliki anggaran untuk membayar seorang mentor. Jika ini masalah Anda, maka ingat 2 cara diatas.

Jadi, setelah mengetahui 3 cara sederhana ini, Anda sudah tidak lagi memiliki alasan untuk tidak mengambil langkah pertama. Lakukan 3 langkah diatas, bukan hanya Anda akan bisa mengayunkan langkah pertama, tetapi langkah pertama Anda menjadi sebuah langkah yang hebat.

Dan Cara Terpenting Adalah Ini

Dan jangan lupa, bertawakallah. Ini aktivitas hati yang sangat penting agar Allah memandu langkah kita. Kuncinya adalah bulatkan tekad dan bertawakallah agar jalan Anda dimudahkan Allah.

Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya. Jika Allah menolong kamu, maka tak adalah orang yang dapat mengalahkan kamu; jika Allah membiarkan kamu (tidak memberi pertolongan), maka siapakah gerangan yang dapat menolong kamu (selain) dari Allah sesudah itu? Karena itu hendaklah kepada Allah saja orang-orang mukmin bertawakkal. (QS Ali Imaraan:159-160)

Selamat mengayunkan langkah pertama!

Follow Me

Rahmat Mr. Power

Author at Zona Sukses
Penulis atau Author berbagai produk Pengembangan Diri: Berpikir Positif, Percaya Diri, Kreativitas, Produktivitas, Motivasi, dan Bisnis selengkapnya http://www.zonasukses.club/
Follow Me

You Might Also Like

13 Comments

  • Reply Pipid Ari Wibowo August 26, 2014 at 1:20 pm

    Setiap artikel yang kang rahmat publish selalu menjadi bahan motivasi saya. terima kasih kang rahmat..

    • Reply Rahmat ST August 26, 2014 at 1:57 pm

      Alhamdulillah bisa membantu 🙂

  • Reply indra August 27, 2014 at 8:38 am

    Alhamdulillah,,semoga kang Rahmat selalu sehat wal’afiat. aamiin…

  • Reply Suryadi August 27, 2014 at 12:28 pm

    iya betul pak, langkah pertama harus yang termudah yang kita bisa..

  • Reply Fajar September 1, 2014 at 3:11 pm

    Artikel disini premium semua pak. saya bolak-balik isinya berkualitas semua?, bikin buku jg ga pak?, 😀

    • Reply Rahmat ST September 12, 2014 at 8:27 am

      Mending jadi artikel saja, semua orang bisa baca gratis.
      Mungkin suatu saat ditulis jadi buku.

  • Reply Arie October 7, 2014 at 5:47 am

    Alhamdulillah,,insyaAllah faedah dari membaca artikel ini mampu memutuskan rantai yg slama ini merantai pikiran Dan kaki saya. Trims

  • Reply T. Fathurrahman December 9, 2014 at 4:35 pm

    Alhamdulillah, jazakallah atas ilmunya. Kebetulan nemu ini artikel pas lagi galau-galaunya, hehe..

  • Reply khairil ma ruf September 11, 2016 at 12:19 am

    Alhamdulillaah pak,sambil baca artikel ini tak terasa saya sudah melangkah untuk langkag pertama dlm masalah saya…. tanks ya pak

  • Reply ria umaya September 11, 2016 at 4:29 pm

    Semoga allah selalu melimpahkan kebaikan pada pak rahmat.artikel ini sangat membantu saya.trims kasih pak

  • Leave a Reply

    WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield