3 Cara Menjadi Pribadi yang Kuat dan Tangguh





Bagaimana cara menjadi pribadi yang kuat?

Agar siap menghadapi tantangan jaman.

Agar umat Islam menjadi kuat. Karena saat pribadi-pribadi Muslim kuat, maka umat Islam akan menjadi kuat pula.

Mau mengetahui caranya?

Silahkan lanjutkan membaca

3 Cara Menjadi Pribadi yang Kuat dan Tangguh Bagi Muslim

Cara Menjadi Pribadi yang Kuat

Kunci Menjadi Pribadi Yang Kuat adalah Menata Ruhiyah

Kita lihat bagaimana kualitas ketangguhan para shahabat, mereka memiliki kekuatan 10 X dari kekuatan manusia biasa. Karena ruhiah mereka yang kuat. Dua indikator kekuatan ruhiyah ada pada keikhlasan dan keshabaran. Cara Menjadi Pribadi yang Kuat kuncinya ada di ruhiyah.

Bagi orang yang ikhlas dan shabar tidak akan mudah menyerah, mengeluh, takut, dan putus asa. Kekuatan ruhiyah sangat kita perlukan untuk semua aspek kehidupan meliputi dakwah dan keseharian kita termasuk dalam keberhasilan karir dan bisnis.

Ruhiyah inilah yang akan memotivasi, menggerakkan dan kemudian menilai setiap perbuatan yang dilakukannya. Keberadaan ruhiyah yang baik dan stabil menentukan kualitas kejayaan hidup seseorang, begitu juga dengan dakwah.

Bagaimana cara menata dan memperkuat ruhiyah?

Pada dasarnya semua ibadah wajib dan sunah yang diperintahkan akan meningkatkan ruhiyah kita. Kuncinya melaksanakan semua ibadah itu tidak sebatas gerak fisik dan bacaan saja, tetapi harus menyertakan kehadiran hati.

  1. Tingkatkan terus keimanan
  2. Jaga kualitas ibadah-ibadah wajib, sertakan kehadiran hati selain kebenaran dan fiqh
  3. Perbanyak ibadah-ibadah sunah seperti tahajud, dhuha, puasa sunah, dan sebagainya
  4. Optimalkan kekuatan dzikir termasuk membaca Al Quran di dalamnya

Saya sarankan kita terus belajar dan mengamalkannya berkaitan dengan bagaimana kita menata ruhiyah. Salah satunya mempelajari buku Tazkiatun Nafs (Imam Ghazali). Sudah ada terjemahan bahasa Indonesia. Buku ini sangat dianjurkan bagi Anda yang ingin membersihkan jiwa. Tidak bisa memperkuat ruhiyah jika jiwa kita kotor.

Disarankan Untuk Anda:   Meningkatkan Daya Saing Pribadi Atau Anda Tersisihkan

Perkuat Pikiran Anda

Cara Menjadi Pribadi yang Kuat yang kedua adalah memperkuat pikiran Anda.

Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat (Q.s. al-Mujadalah : 11)

Sebagai orang yang bergelut di pengembangan diri saya melihat 2 hal berkaitan dengan kekuatan pikiran, yaitu pikiran sadar dan bawah sadar.

Memperkuat pikiran sadar atau akal adalah dengan ilmu dan pengetahuan. Rasulullah SAW memerintahkan kita untuk terus menuntut ilmu. Tidak kenal waktu, karena dengan ilmulah kita akan memiliki kekuatan pikiran.

Jangan hanya menjadi orang yang pandai bicara saja. Merasa sudah pintar padahal hanya pandai bersilat lidah dan menata kata. Bukan itu. Anda harus benar-benar memiliki ilmu yang luas dan dalam.

Bacalah buku, ebook, artikel, kitab, dan tentu yang paling utama adalah al Quran beserta maknanya. Hadiri majelis ilmu, juga seminar, dan pelatihan. Bagi seorang Muslim yang menjadi pribadi yang kuat, semua ini harus menjadi kesehariannya.

Jangan cepat puas dengan ilmu. Jangan cepat merasa sudah pintar. Ilmu itu luas, bahkan jika lautan dijadikan tinta, tidak akan cukup untuk menulis ilmu Allah.

Memiliki ilmu bukan untuk menang berdebat. Bukan untuk merasa lebih pintar dari orang lain. Ilmu agar pikiran dan tindakan kita memiliki kekuatan baik dari segi kualitas dan kuantitas.

Dan kekuatan pikiran bawah sadar pun bisa dibina dengan sering membaca buku-buku yang positif, bukan mendengar dari sumber yang jelas. Jika perlu kita membina pikiran bawah sadar kita dengan teknik pengembangan diri seperti dijelaskan di ebook saya Beautiful Mind Power.

Kekuatan Bertindak

Dan yang ketiga adalah kekuatan dalam bertindak. Bagaimana agar kita memiliki kekuatan bertindak? Fondasinya ada di ruhiyah dan pikiran kita. Amal kita akan kuat jika ruhiyah dan pikiran kita (sadar maupun bawah sadar kita kuat). Semuanya berhubungan dan saling menguatkan.

Disarankan Untuk Anda:   Membuka Lembaran Hidup Baru

Jadi jangan terkecoh dengan kata-kata “yang penting bertindak”. Ya betul, pada ujungnya adalah bertindak, tetapi bukan tindakan biasa. Tindakan yang berbobot dan berkualitas yang akan membawa kepada keberhasilan.

Secara logika saja kita bisa memahami

  • Tindakan orang yang ikhlas akan berbeda dengan orang tidak ikhlas.
  • Tindakan orang yang shabar akan berbeda dengan yang tidak shabar.
  • Tindakan orang yang berilmu akan berbeda dengan orang yang tidak berilmu.
  • Tindakan orang yang bermental baja akan berbeda dengan orang yang bermental lemah.
  • Tindakan orang yang memiliki keterampilan akan berbeda dengan orang yang tidak terampil.

Jadi bukan asal bertindak.

Saat Anda sedang memperkuat ruhiyah dan pikiran, sebenarnya Anda sedang memperkuat tindakan. Ditambah dengan kemauan Anda menguasai keterampilan dengan rajin berlatih dengan metode yang benar.

Jika itu semuanya sudah kita miliki, maka kita akan menjadi pribadi yang tangguh, kuat, semangat, dan tidak mudah menyerah.

Jadi setelah ruhiyah dan pikiran yang kuat, untuk memperkuat tindakan Anda membutuhkan tindakan dengan kualitas terbaik (terampil) dan dengan penuh energi (semangat). Yang dimaksud energi adalah energi fisik dan energi mental (motivasi).

Penutup

Bayangkan jika semua Muslim menjadi pribadi yang kuat dan tangguh. Mudah-mudahan bisa mempercepat kemajuan umat Islam pada umumnya baik kekuatan ekonomi, politik, social dan sebagainya. Kita akan menguasai peradaban. Semoga.

Cara menjadi pribadi yang kuat dan tangguh diawali dengan memeprkuat ruhiyah kita. Justru ini menjadi yang paling utama. Kemudian perkuat pikiran kita dengan ilmu dan pengetahuan. Dan, yang ketiga perkuat tindakan kita dengan energi dan keterampilan yang tinggi.

Follow Me

Rahmat Mr. Power

Author at Zona Sukses
Penulis atau Author berbagai produk Pengembangan Diri: Berpikir Positif, Percaya Diri, Kreativitas, Produktivitas, Motivasi, dan Bisnis selengkapnya http://www.zonasukses.com/gold.php
Follow Me
Dapatkan Update Artikel dan Kata-kata Motivasi Via Telegram Klik Disini. Pastikan aplikasi telegram sudah terinstall di HP/Komputer Anda
zona sukses

Mungkin Anda Suka Artikel Lainnya:

Kerja di Rumah

↑ Grab this Headline Animator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield